kursiterbalik's Blog

Just another WordPress.com weblog

Bahasa Indonesia akan menjadi bahasa nasional Timor Leste !

with 12 comments

Ini yang baru dan mungkin akan menggugah nasionalisme kita (apalagi kalo abis nonton filem Garuda di Dadaku yg theme song nya njiplak abis lagu Apuse itu).

Diberitakan bahwa Ramos Horta, presiden Republik Demokratik Timor Leste berencana menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional negeri lepasan Indonesia itu. Rencananya, peresmian bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional Timor Leste akan diumumkan pada bulan Agustus 2009 ini, bertepatan dengan peringatan 10 tahun referendum Timor-timur. (Atau mungkin dicocok-cocokin dengan ultah kemerdekaan RI).

Berita ini berseliweran di beberapa milis, diposting oleh A Umar Said, yang mendengar langsung dari Ramos Horta pada salah satu lawatannya ke restoran koperasi INDONESIA di Paris pada 27 Juni 2009.

Alasan pemberlakuannya, karena 80% penduduk Timor Leste berbahasa Indonesia, sebagai akibat dari kooptasi selama nyaris 30 tahun pemerintahan Orba. Bahasa Portugis dan bahasa Tetum (bahasa asli Timor Leste) yang sedianya sudah dijadikan bahasa resmi, karena alasan kepraktisan akan digantikan oleh Bahasa Indonesia.

Rencana tokoh penerima Nobel Perdamaian ini tentu sebuah kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, di tengah makin terjungkalnya kehormatan bangsa dilumat negeri Jiran, soal TKI, Ambalat, dan lainnya termasuk prestasi olahraga kita yang menukik terus-terusan.

Satu hal lagi, kita turut mengapresiasi semangat pemerintah Timor Leste untuk menjalankan pemerintahan tanpa rasa dendam, termasuk terhadap pemerintah Indonesia atau pun tokoh-tokoh militer yang pernah mengangkangi negeri itu.

Waaaaaah kita harus bangga yah Timor Leste masih tetap menjadikan bahasa Indonesia menjadi Bahasa Nasional mereka…

Written by xavierifex2

Januari 2, 2010 pada 10:56 am

12 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bangga dong.

    Fitri

    Januari 2, 2010 at 2:20 pm

  2. Nah begitu dong, toh pemakaian bahasa Indonesia tidak mengurangi kemerdekaan Timor Leste! Hidup Bahasa Indonesia…!

    jendelakatatiti

    Januari 2, 2010 at 5:44 pm

  3. gimana apa udah di resmikan bahasa indonesia sebagai bahasa resmi?

    deydi

    Agustus 29, 2010 at 1:35 pm

  4. semoga saja bisa cepat terwujud,bravo bahasa indonesia dan tidak untuk bahasa melayunya orang malingsia.

    Andi Makkuraga,S.Pd.

    September 11, 2010 at 9:00 pm

  5. Bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa yang diperhitungkan di dunia.Begitu juda di Timor Leste tentu warganya lebih memahami bahasa indonesia daripada bahasa Tetum dan Portugis.Bangga dong sebagai bangsa Indonesia yang sudah diperhitungkan bahasa nasionalnya.

    Drsmangarahon Rambe

    Desember 3, 2010 at 11:48 pm

  6. kalau mau di jadik bahasa resmi baguslah, minimal ada warisan dari indoneia untuk 1000 tahun atuu lebih buat generasi timor leste

    gapoktan Harapan Mukti

    Desember 12, 2010 at 12:26 pm

  7. blm juga di wujudkan ternyata ttp pakai bahasa tetum n porto, mgkin cm basa basi yaa

    win

    Januari 17, 2011 at 3:37 pm

  8. sebenarnya warga timor leste dengan penduduk provinsi NTT punya hubungan darah, dahulu mereka terpisah karena dijajah portugis dan belanda. pemakaian bahasa Indonesia sebagai resmi di timor leste merupakan pilihan bijak untuk lebih mendekatkan hubungan genealogis mereka dengan penduduk NTT…

    bubuhan

    September 26, 2011 at 5:19 pm

  9. Buat saudara-saudara ku di timor leste, walaupun kita tidak dalam satu negara seperti dulu, jujur, saya tetap menganggap kalian masih bersama kami. Terlepas dari latar belakang sehingga kita terpisah.

    raden akip

    Desember 2, 2011 at 9:52 pm

  10. Saya mera bangga menjadi orang indonesia,indonesia ku

    arwis

    Oktober 23, 2012 at 3:36 pm

  11. bagus tu
    mudah2 han timor leste harus masuk kmbli ke indonesia
    aminn

    caisar vercan

    Mei 11, 2013 at 10:53 am

  12. knapa indonesia haruz terpisah dg timor timur sih? jadi sedih deh

    Anonim

    Februari 27, 2014 at 1:00 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: