kursiterbalik's Blog

Just another WordPress.com weblog

RAYAP PANAMA, memakan kayu dengan kecepatan 70 cm/detik !!!

with 3 comments


Meski tubuhnya kecil, rayap Panama (Termes panamensis) berhasil mencetak rekor gigitan paling cepat di antara semua hewan yang ada di dunia. Rahangnya sanggup menggigit mangsa dengan kecepatan hingga 70 centimeter perdetik.

Bahkan, untuk merekam gerakan yang segitu cepat, para peneliti membutuhkan kamera dengan kemampuan merekam gambar 40.000 frame perdetik. Rayap Panama menggigit mangsa menggunakan sepasang capit di rahang yang secara ilmiah sering disebut mandible.

“Banyak serangga yang bergerak lebih cepat daripada kemampuan mata manusia untuk melihat, jadi kami tahu kalau butuh kamera kecepatan tinggi untuk merekam perilakunya,” ujar Marc Seid dari Institut Riset Tropis Smithsonian yang melaporkan hasil penelitiannya dalam jurnal Current Biology edisi 25 November. Meski demikian, ia mengaku tak menyangka secepat itu gigitan rayap Panama.

Dengan gigitan secepat itu, serangga tersebut mungkin dapat membinasakan mangsanya dalam sekali serang. Gigitan yang cepat juga menjadi alat pertahanan diri karena dengan ukuran tubuh yang kecil, rayap Panama harus mencari cara menghasilkan energi yang besar untuk melawan musuhnya.

Capit yang besar dan serangan yang cepat efektif untuk pertarungan jarak dekat. Hal tersebut serign dilakukannya dengan musuh-musuhnya karena rayap lebih banyak berkeliaran di gorong-gorong yang sempit dan tak cukup banyak ruang bergerak.

“Mereka sepertinya menyimpan energinya di mandible-nya namun kami masih belum tahu bagaimana mereka melakukannya. Itu menjadi pertanyaan berikutnya,” ujar peneliti lainnya Jeremy Niven.

Written by xavierifex2

Januari 3, 2010 pada 5:22 am

Ditulis dalam fauna

Tagged with , , , , ,

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Isi artikelnya kok tidak ada hubungannya dengan judul “RAYAP PANAMA, memakan kayu dengan kecepatan 70 cm/detik !!!”

    hpijogja

    Januari 3, 2010 at 5:31 am

  2. mangsa atau kayu no problem, tapi kecepatannya itu loh yang mengerikan sekaligus bisa membuat kita bersyukur karena mahluk ini wujudnya plentis (kecil), coba bayangkan jika wujudnya sebesar tikus atau lebih besar lagi …… wiiih kerusakan apa yang bisa sobat bayangkan ?:mrgreen:

    plentiswae

    Januari 3, 2010 at 11:40 am

  3. masak 70 cm/detik yg bener aja ? dua detik 1,4 meter . memang robot kali

    Anonim

    November 6, 2012 at 3:56 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: