kursiterbalik's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ditangkap Gara-gara Mengantarkan Pacar

leave a comment »

NEWARK, KOMPAS.com – Seorang warga China yang diyakini melanggar aturan keamanan sehingga membuat Bandar Udara Newark Liberty, New Jersey, Amerika Serikat, ditutup selama enam jam, Minggu, hari Jumat (8/1/2010) malam (Sabtu dini hari WIB) ditangkap di tempat kosnya di New Jersey.

Selain harus menghadapi meja hijau di pengadilan Newark Municipal pekan depan, Haisong Jiang (28), pemuda China ini, juga bakal dikenai denda pelanggaran sebesar 500 dollar AS atau Rp 5 juta.

Jiang sempat ditangkap dan diinterogasi pihak otoritas Bandara Newark Liberty pekan lalu setelah kejadian, tetapi dilepaskan pada tengah malam. Tak diungkapkan, apakah Jiang meminta bantuan pengacara ketika menghadapi kasusnya di pengadilan nanti.

Demi antar sang pacar

Apa yang dilakukan Jiang, mahasiswa doktoral Universitas Rutgers hari Minggu pekan lalu itu sebenarnya hanyalah karena tergerak mengantar sang pacar yang tinggal di Los Angeles dan menjenguknya pada akhir pekan.

Hanya saja, lantaran AS kini tengah memperketat keamanan bandaranya, menyusul aksi percobaan peledakan pesawat Northwest yang akan mendarat di Detroit tepat pada hari Natal tahun lalu, maka pelanggaran Jiang ini dianggap serius.

Berdasarkan rekaman video pengawas bandara yang dirilis Kamis pekan lalu oleh Badan Administrasi Transportasi AS, TSA, dan otoritas Bandara Newark Liberty, petugas keamanan terlihat duduk di sebuah podium tempat mengawasi keamanan di pintu keluar Bandara Newark Liberty.

Seorang lelaki mengenakan jaket berwarna terang berdiri di dalam batas tali tambang dan petugas keamanan pun mendekatinya memberi tahu agar berada di luar tambang.

Petugas itu menghilang di kerumunan orang. Terlihat seorang wanita menuju podium tempat keamanan dari dalam bandara dan lelaki itu menunduk melewati tali tambang dan kedua insan ini pun bergandengan tangan ke dalam bandara.

Seorang pengunjung bandara yang menunggu kedatangan seseorang di bandara sempat melihat adegan itu dan sontak memberi tahu pihak keamanan bandara mengenai kejadian itu.

Akibat pelanggaran Jiang ini, pihak TSA kemudian menutup salah satu dari tiga terminal di Bandara Newark Liberty selama enam jam, Minggu.

Perbuatan Jiang itu membuat calon penumpang telantar selama berjam-jam, bahkan sejumlah jadwal penerbangan ditunda.

Menurut teman sekamar Jiang yang mengaku bernama Hui, sehari-hari Jiang, yang kelahiran Jiangxi, China, ini adalah orang baik-baik dan sudah tinggal di AS sejak tahun 2004. Dia tinggal di kos di rumah yang rapi di Piscataway, yang penghuninya umumnya orang baik-baik.

Menurut Hui, Jiang hari itu mengantar pacarnya, lulusan Rutgers yang kini tinggal di Los Angeles, yang mengunjunginya saat liburan.

Meski demikian, tindakan Jiang ini memancing keberangan senator New Jersey, Frank Lautenberg, lantaran hanya akan dikenai denda 500 dollar AS.

”Padahal, dia telah menelantarkan ratusan orang,” kata Lautenberg seraya melukiskan bahwa tindakan Jiang itu sebuah ”tindak pelanggaran yang direncanakan”.

Written by avetheo

Januari 11, 2010 pada 8:03 pm

Ditulis dalam unik

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: