kursiterbalik's Blog

Just another WordPress.com weblog

Jangan Pernah Abaikan Uang Receh

with 3 comments

 

MIAMI, KOMPAS.com — Jangan pernah mengabaikan uang receh. Sebuah koin laku dilelang seharga lebih dari 3,7 juta dollar AS.

Koin langka AS itu dibuat pada tahun 1913 dan pernah dimiliki oleh raja Mesir. Koin kemudian muncul dalam film detektif AS.

Pelelangan tersebut dilakukan di Florida, AS, Jumat (8/1/2010). Koin langka itu dikenal dengan sebutan nikel Kepala Liberty.

Hanya ada lima keping uang yang diketahui tanggal pasti pembuatannya. Koin tersebut beralih pemilik ke kolektor koin yang berdomisili di Orlando, demikian keterangan dari Greg Rohan, Presiden Balai Lelang Dallas.

Pembeli koin mahal tersebut tidak ingin namanya dipublikasikan. Harga sebesar 3,7 juta dollar AS untuk sekeping koin berdenominasi lima sen itu sudah termasuk pembayaran premi pembeli sebesar 15 persen dari harganya.

”Kemungkinan ini merupakan koin paling langka di AS,” ujar Rohan.

Dahulu, koin itu merupakan salah satu barang koleksi Raja Farouk dari Mesir yang didepositokan pada tahun 1952. Liberty telah berpindah tangan beberapa kali dan muncul dalam salah satu episode di serial televisi terkenal CBS, ”Hawaii Five-O”.

Written by avetheo

Januari 11, 2010 pada 7:50 pm

Ditulis dalam unik

Tagged with , ,

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya mempunyai banyak koin kuno yang sudah lama saya miliki, salah satu koin kuno yang saya maksud ciri-ciriny seperti koin kepala liberti.tetapi saya belum tau pasti bagaimana bentuk asli koin liberti tersebut.koin yang saya miliki mempunyai ciri,thn 1913,di atas tulisan indi,di bawah tulisan mesir kuno,dan mempunyai lambang seperti mahkota raja dan bernilai 5 sen.mohon penjelasan dan tolong kirimkan gambar bentuk logamnya.

    faisal

    Januari 14, 2010 at 10:25 am

    • post sudah kami update. silahkan dicek apa koin yang anda maksud adalah sama. anda juga bisa cek di google dengan keyword liberty head nickel. terima kasih untuk komentarnya.

      avetheo

      Januari 14, 2010 at 2:00 pm

  2. Saya punya koin dari tahun 1981, bagian paling atas bertulis LIBERTY, samping kiri ingodwe trust,tengah bergambar wajah orang seperti memakai pita,paling bawah bertulis tahun 1981. Yang baliknya paling atas bertulis UNITED STATES OF AMERICA,dibawah tulisan tersebut bertulis E PLURIBUS UNUM, yang tengah bergambar seperti rajawali yang bertengger dan mengepakkan sayapnya. Di bawah gambar burung tersebut bergambar daun-daun. Dan di bagian paling bawah bertuliskan QUARTER DOLLAR. Apakah koin saya ini langka? kira-kira berapa harga pasarannya?

    Hj. Siti Wahyu Aminin

    Januari 17, 2011 at 9:54 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: